WIKI OUTBOUND TRAINING

Pengertian Outbound

Outbound training adalah bentuk pembelajaran perilaku kepemimpinan dan manajemen di alam terbuka dengan pendekatan yang unik dan sederhana tetapi efektif karena pelatihan ini tidak sarat dengan teori-teori melainkan langsung diterapkan pada elemen-elemen yang mendasar yang bersifat sehari-hari, seperti saling percaya, saling memperhatikan serta sikap proaktif dan komunikatif. Alam Indonesia yang kaya menyediakan sumber belajar yang tidak akan pernah habis digali. Dimensi alam sebagai obyek pendidikan bisa menjadi laboratorium sesungguhnya dan tempat bermain yang mengasyikan dengan berbagai metodenya.

Outbound merupakan salah satu metode pembelajaran modern yang memanfaatkan keunggulan alam. Para peserta yang mengikuti outbound tidak hanya dihadapkan pada tantangan intelegensia, tetapi juga fisik dan mental. Dan ini akan terus terlatih menjadi sebuah pengalaman yang membekali dirinya dalam menghadapi tantangan yang lebih nyata dalam persaingan di kehidupan sosial masyarakat.

Kegiatan outbound sendiri bertujuan menumbuhkan dan menciptakan suasana saling mendorong, mendukung serta memotivasi dalam sebuah kelompok. Selain mengembangkan kemampuan apresiasi atau kreativitas dan penghargaan terhadap perbedaan dalam sebuah kelompok juga memberikan kontribusi memupuk jiwa kepemimpinan, kemandirian, keberanian, percaya diri, tanggung jawab dan empati yang merupakan nilai dasar yang harus dimiliki setiap orang. Yang diterjemahkan melalui experiential learning yang akan memberikan pengalaman langsung kepada peserta pelatihan dengan simulasi permainan. Peserta langsung merasakan sukses dan gagal dalam pelaksanaan tugas.

Sisi menarik dari metode pembelajaran outbound adalah permainan sebagai bentuk penyampaiannya. Dalam permainan skill, individu tidak hanya ditantang berpikir cerdas namun juga memiliki kepekaan sosial. Dalam outbound peserta akan lebih banyak dituntut mengembangkan kemampuan ESQ (emotional and spiritual quotient) nya, disamping IQ (intellegent quotient). Metode outbound training memungkinkan peserta dalam aktivitasnya melakukan sentuhan-sentuhan fisik dengan latar alam yang terbuka sehingga diharapkan melahirkan kemampuan dan watak serta visi kepemimpinan yang mengandung nilai-nilai kejujuran, keterbukaan, toleransi, kepekaan yang mendalam, kecerdasan serta rasa kebersamaan dalam membangun hubungan antar manusia yang serasi dan dinamis.

Outbound berasal dari kata OUT dan BOUNDERES yang berarti keluar dari semua rutinintas sehari-hari agar dapat melihat diri kita dan team dari prespektif yang berbeda sehingga diharapkan bernilai positif dalam meningkatkan kinerja dan efektifitas kerja perorangan maupun kelompok dan terjadi kolaborasi yang solid dalam kerja team building dalam suatu wadah organisasi.

Kegiatan outbound ini sangat populuer dan sering dipergunakan untuk kebutuhan perusahaan atau organisasi bahkan banyak perusahaan yang berskala besar telah mengagendakan secara berkala kegiatan outbound bagi segenap karyawannya karena kegiatan outbound bermanfaat untuk meningkatkan keberanian dalam bertindak maupun berpendapat. Kegiatan outbound membentuk pola pikir yang kreatif serta meningkatkan kecerdasan emosional dan spiritual dalam berinteraksi. Dan salah satu bentuk kegiatan yang paling efektif untuk meningkatkan motivasi dan kreativitas dari outbound adalah pembentukan kerja sama tim yang dilakukan di alam terbuka.

manfaat positif dari outbound itu sendiri adalah:

  • meningkatkan kegiatan jasmani
  • mengembangkan keterampilan tubuh
  • mengembangkan kekuatan tubuh
  • melatih kemampuan koordinasi gerak tubuh
  • mengembangkan sikap peduli pada orang lain
  • mengembangkan kemampuan komunikasi
  • mengembangkan kemampuan untuk memberi umpan balik positif
  • Meningkatkan kemampuan beradaptasi dengan lingkungan baru
  • Menumbuhkan rasa percaya diri
  • mengembangkan kemampuan dalam penyelesaian masalah

Metode Pelatihan Outbound

1. Permainan kelompok

2. Kerja kelompok

3. Petualangan individual

4. Ceramah (keterkaitan antara kegiatan simulasi dengan prinsip-prinsip manajemen)

5. Diskusi (refleksi kegiatan)

Materi Kegiatan Outbound

Materi kegiatan dibagi menjadi 3 kategori:

1. Fun Games, permainan yang menekankan unsur-unsur koordinasi, konsentrasi dan kebersamaan

Jenis Games: Estafet Bola Pingpong, Water Boom

2. Low Impact Games, permainan bertemakan pembuatan perencanaan, mengatur strategi, efisiensi waktu, pendelegasian tugas, kejujuran dan tanggung jawab sosial. Dikemas dengan suasana menantang tetapi resiko sangat kecil, tidak membutuhkan alat pengaman langsung.

Jenis Games: Karapan Manusia, Merayap, Papan Keseimbangan, Air Bridge, Trustfall Net

3. High Impact Games, yang menyajikan tema-tema pengendalian diri, peningkatan keberanian, kekuatan rasa percaya diri, keuletan dan pantang menyerah. Permainan dengan tantangan tinggi tetapi beresiko kecil, namun menggunakan alat pengamanan sesuai dengan prosedur yang ditetapkan.

Jenis Games: monkey bridge, Jembatan Goyang, Burma Bridge, Flying Fox, Jaring Pendarat, Rapling

Lokasi Outbound Training Kampung Ladang

Incoming search terms:

  • kampung ladang outbound medan
Tweet